MIRIS! Beginilah Proses Pembuatan Saus Cabe dan Saus Tomat Diluar Perkiraan Kita

Posted by Sebaris Informasi on May 13, 2018 with No comments

IDOLABERITA - Suka makan bakso gunakan sambal? Tipikal orang indonesia biasanya tidak lengkap rasanya bila makan tidak gunakan saos, memanglah nikmat serta lezat sih terlebih bila lagi makan fried chicken dengan saus sambal. hmmm lezzaaatnyaa.. namun di balik lezatnya saus sambal itu ada bahaya mengintai anda. ingin tau apakah itu bahayanya?

mengejutkan, saus tomat serta sambal yang dihasilkan sama sekali tidak memakai bahan baku tomat serta cabai sama sekali. POLISI memeriksa bahan baku waktu lakukan penggerebekan pabrik saus sambal di Jln. Cicukang, Kelurahan Caringin, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung..

“Sambal serta saus ini bahannya dari ampas tapioka (onggok) 27 kg, ekstrak bawang putih 3-4 kg, ekstrak cabai leoserin capsikum 0, 5 ons, saksrin 50 gr, garam 4 kg, cuka 200 gr, pewarna sunset 1 ons, perwarna type poncau satu sendok, potasium fospat 50 gr, serta bibit cairan tomat 0, 5 ons, ” sebutnya.

Jadi saus serta sambal ini, lanjut dia, tidak gunakan cabai atau tomat sama sekali. Namun pakai esens rasa tomat serta cairan kimia ekstrak cabai. Cara membuat saus serta sambal itu yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam satu drum lalu dilaruti air panas sejumlah 30 liter. Lalu kemudian diaduk.

“Setelah jadi, saus atau sambal itu lalu dikemas dalam bungkus plastik yang telah diberikan label serta cap dan ada tulisan bahan komposisi yang tidak sesuai dengan sebenarnya, ” tuturnya.

Dia menuturkan, saus serta sambal itu di pasarkan ke pasar-pasar tradisional di Kota Bandung serta di semua Jawa Barat. Pabrik ini telah beroperasi selama 14 tahun. Dalam satu hari, pabrik rumahan itu dapat membuat sambal serta saus palsu sampai 200 ton dengan keuntungan meraih Rp 100 juta /harinya.

secara makna saja dari berita yang ada
“Sambal serta saus ini bahannya dari ampas tapioka (onggok) 27 kg, ekstrak bawang putih 3-4 kg, ekstrak cabai leoserin capsikum 0, 5 ons, saksrin 50 gr, garam 4 kg, cuka 200 gr, pewarna sunset 1 ons, perwarna type poncau satu sendok, potasium fospat 50 gr, serta bibit cairan tomat 0, 5 ons, ” sebutnya.

di ketahui :

Ponceau 4R (E124 atau SX Purple)
Ponceau 4R yaitu pewarna merah hati yang dipakai dalam berbagai produk, termasuk juga selai, kue, agar-agar serta minuman ringan. Selain punya potensi menyebabkan hiperaktivitas pada anak, Ponceau 4R dikira karsinogenik (penyebab kanker) di beberapa negara, termasuk juga Amerika Serikat, Norwegia, serta Finlandia.

Ada saus sambal yang di produksi dengan cara HIGIENIS dan memerhatikan standard keamanan pangan. Tetapi sayang... banyak juga saus sambal ‘NON HIGIENIS’ yang di produksi secara ilegal serta tanpa ada mengindahkan standar kesehatan pangan.

Berdasar pada uji laboratorium yang dikerjakan, peneliti temukan bahwa 8 dari 10 sambel saus sambal yang beredar di market memiliki kandungan FORMALIN serta diprediksikan terbuat dari PEPAYA, UBI serta CABE BUSUK. Diluar itu, ditemukan juga sebagian kandungan zat kimia lain seperti pewarna TEKSTIL, pemanis buatan (ASKARIN serta ASPARTAM), sodium BENZOAT, serta KAPORIT, dalam SAUS SAMBAL itu.

Lihat Juga : Sedang Hamil, Pria Ini Tega Mencekik Dan Menampar Istrinya

Beberapa produsen liar biasanya memakai langkah tersebut supaya dapat menghemat biaya produksi sampai 80 persen. Bahkan juga kemasan saus sambal itu biasanya di ambil dari kemasan saus sambal sisa ber merk yang dapat didapat dengan mudah di pasaran, hingga beberapa produsen nakal dapat mengemas serta berikan label baru untuk saus sambal buatannya.

Dampak Konsumsi Saus Sambal NON HIGIENIS

Biasanya efek kesehatan yang muncul disebabkan konsumsi saus sambal memiliki bahan tidak sehat yaitu lemas, pusing, serta mual sesaat sesudah mengkonsumsinya. Bahkan juga, bila dikonsumsi waktu panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah seperti kanker, masalah tenggorokan (radang tenggorokan), asma, masalah pencernaan, serta masalah sistem saraf motorik

► Tips Memilih Saus Sambal HIGEINIS

Untuk menghindari efek merugikan dari pemakaian saus sambal memiliki bahan tidak sehat, di bawah ini yaitu beberapa cara membedakan pada saus sambal HIGIENIS serta NON HIGIENES :

1. TERSTANDARISASI Depkes serta BPOM

Yakinkan ada logo Departemen Kesehatan atau Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) pada paket saus sambal yang bakal Anda beli. Yakinkan juga tercantum tanggal kadaluarsanya. Bila tidak ada, bermakna Anda harus berhati-hati serta baiknya janganlah membelinya.

2. CEK KOMPOSISINYA.

Baca di label kemasannya, apakah memakai bahan yang umum atau asing. Bila produsen tidak mencantumkan persentase serta takaran yang terdapat secara jelas, lebih baik anda pilih merek lain yang mencantumkan komposisi lebih jelas.

3. PERHATIKAN WARNANYA.

Saus sambal non higienis biasanya berwarna lebih mencolok dari saus sambal higienis. Warna mencolok ini didapat dari pemakaian pewarna makanan yang melebihi batas pemakaian sehat.

4. PERHATIKAN AROMANYA.

Biasanya aroma saus sambal higienis bakal mengeluarkan aroma berbahan baku membuatnya, yaitu aroma cabe atau tomat. Sedangkan saus sambal non higienis keluarkan aroma bahan kimia menyengat serta tidak mengeluarkan aroma cabe atau tomat.

5. UKURAN KEKENTALANNYA.

Saus sambal higienis biasanya lebih cair serta rata. Sedang saus sambal non higiensi lebih kental serta ada buih tepung. .

Kecermatan Anda dalam pilih bahan makanan yaitu jaminan kesehatan Anda serta keluarga di masa yang akan datang. So... berhati-hatilah dalam pilih bahan makanan. Lantaran Sehat itu Harus

Share bila informasi ini bermanfaat
Categories: